Hutan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan juga bagi lingkungan. Selain pusat keanekaragaman hayati, hutan juga berfungsi mengatur iklim dan siklus air di muka bumi.Namun sayangnya, kerusakan hutan Indonesia cukup memprihatinkan sehingga luas hutan semakin sehari  semakin berkurang. Ada banyak hal yang menjadi penyebab kerusakan hutan di Indonesia, antara lain sebagai berikut.

Transmigrasi

Transmigrasi menyebabkan munculnya lahan permukiman baru. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan dari tempat yang ramai menuju tempat yang sepi demi pemerataan permukiman.Namun, transmigrasi biasanya akan menggunakan lahan hutan untuk membuka lahan permukinan yang baru. Hal ini menyebabkan pohon-pohon ditebangi agar bisa digunakan untuk membuat tempat permukinan baru. Jika banyak pohon yang ditebangi, maka hutan tidak akan berfungsi.

Penebangan Hutan secara Liar

Penebangan hutan secara liar dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.Selain mengurangi pepohonan, penebangan hutan secara liar juga akan membunuh dan menghilangkan rumah bagi banyak hewan yang tinggal di dalam hutan tersebut.Manusia melakukan penebangan hutan karena berbagai tujuan, salah satunya adalah pembukaan lahan baru untuk bercocok tanam maupun untuk permukiman.Ada juga yang melakukan penebangan hutan untuk diambil kayunya.

Kebakaran Hutan

Penyebab kerusakan hutan di Indonesia salah satunya karena kebakaran hutan. Kebakaran hutan dapat menimbulkan kerusakan hutan yang cukup serius.Bencana ini tidak hanya akan merusak pohon-pohon saja, namun juga akan merusak struktur tanah, sehingga kehilangan unsur hara yang menyuburkan tanah.Selain itu, kebakaran hutan juga membunuh dan menghilangkan tempat tinggal berbagai jenis hewan.Kebakaran hutan dapat terjadi karena proses alam rnaupun ulah manusia.Proses alam terjadi jika panas matahari membakar daun-daun kering saat musim kemarau yang menyebabkan kebakaran besar.Sedangkan faktor manusia terjadi karena manusia melakukan pembukaan lahan perkebunan dengan cara membakar hutan. Cara tersebut dilakukan karena lebih mudah dan murah.

Sistem Cocok Tanam Perladangan Berpindah

Bercocok tanam merupakan salah satu sumber mata pencaharian. Bercocok tanam bisa berupa pertanian maupun perkebunan.Ketika lahan suatu daerah sudah penuh dengan permukiman penduduk, maka masyarakat akan mencari lahan baru untuk melakukan slot mahjong gacor cocok tanam.Salah satu lahan yang digunakan adalah lahan hutan. Oleh karena itulah manusia dengan sengaja menebang pepohonan yang ada di hutan dan membuka lahan untuk bercocok tanam.

Musim Kemarau

Musim kemarau yang berlangsung terlalu lama akan menjadikan pepohonan kering dan juga mati.Selain itu, musim kemarau juga akan menyebabkan struktur tanah menjadi rusak dan terjadi kebakaran hutan.

Categories: Uncategorized

https://www.propulsekayak.fr/mahjong-ways/

slot mahjong ways

https://gradillas.mx/

https://nassaugolf.com/

https://gadgetnovabd.com/mahjong-ways-2/

https://giftsbyrashi.com/slot-qris/

https://fashiongreenhub.org/wp-includes/spaceman/

https://www.superjuguetemontoro.es/wild-bandito/

https://littlebabyandcie.com/wild-bandito/

https://www.chirurgie-digestif-proctologie.re/wp-includes/slot-wild-bandito/

Sugar Rush

Rujak Bonanza

https://www.superjuguetemontoro.es/

https://wakiso.go.ug/

https://www.metalcolor.fr/pragmatic-play/

https://www.ebpl.fr/slot-server-thailand/

https://pc-solucion.es/slot77/

https://goldmartvietnam.com/slot-server-thailand/