Postingan ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan yang lumayan sering ditanyakan oleh pelanggan template blogger premium punya saya, yakni mengenai persoalan notifikasi Diindeks meski diblokir oleh robots.txt di Google Search Console.

Di sini aku tidak hanya mengatakan langkah mengatasi masalah ini, tapi juga dapat mengatakan kenapa persoalan ini bisa terjadi. Harapannya pastinya supaya kawan baik lebih mengetahui perihal langkah kerja mesin pencari, terlebih Google.

Langsung saja ke topik pembahasan.

Penyebab peringatan “Diindeks meski diblokir oleh robots.txt”

Mungkin banyak yang belum tahu, penyebab utama timbulnya peringatan ini adalah karena mesin pencari Google telah mengabaikan perintah noindex menggunakan file robots.txt.

Sedangkan di blogger hingga kala ini tetap memanfaatkan file robots.txt untuk mencegah halaman spesifik agar tidak terindex di mesin pencari.

Halaman tersebut adalah halaman pencarian dan halaman label.

File robots.txt default blogger

Pada file robots.txt berikut tercantum perintah :

Disallow: /search

Perintah selanjutnya bermanfaat untuk memberitahu mesin pencari sehingga tidak mengindex URL yang diawali bersama /search sesudah alamat blog.

Nah URL yang di awali bersama /search di blogger digunakan untuk halaman label dan halaman pencarian.

Contoh URL halaman label = https://linkmagz.sugeng.id/search/label/Produk

Contoh URL halaman pencarian = https://linkmagz.sugeng.id/search?q=mantabbbbb

Selain untuk halaman label dan pencarian, URL yang diawali dengan /search termasuk digunakan untuk menampilkan daftar postingan = https://linkmagz.sugeng.id/search?updated-max=2020-01-05T22:22:00-08:00&max-results=7

Terus bagaimana langkah mengatasinya?

Ada lebih dari satu metode yang bisa digunakan untuk menangani persoalan ini.

  1. Cara Pertama

Cara paling gampang adalah dengan menghapus perintah Disallow: /search di file robots.txt memanfaatkan fitur custom robots.txt di blogger.

Dengan cara ini sanggup menghalau peringatan diindeks meski diblokir oleh robots.txt di google search console.

Tapi efek buruknya halaman label dan pencarian tetap senantiasa mampu terindex di halaman pencarian.

Umumnya kami tidak ingin halaman label dan pencarian terindex di halaman pencarian dikarenakan halaman tersebut terhitung halaman memiliki kualitas rendah.

  1. Cara Kedua

Cara ke dua adalah bersama memakai tag header robot untuk memberitahu Google supaya tidak mengindex halaman label dan pencarian.

Saat ini Google tetap menunjang tag header robot, dengan kata lain tag header robot tidak diabaikan layaknya file robots.txt.

Untuk menempatkan tag header robot ini sebenarnya/seharusnya mampu dikerjakan secara otomatis bersama dengan menggunakan fitur “Tag tajuk robot khusus” di blogger.

Ketika pelanggan template blogger premium punya aku bertanya permasalahan ini, aku kebanyakan menyuruh untuk sesuaikan setelan “Tag tajuk robot khusus.”

Tapi entah kenapa paling akhir aku cek fitur “Tag tajuk robot khusus” di blogger udah tidak kembali bekerja sebagaimana mestinya. Sekarang telah tidak otomatis muncul tag header robot noindex di halaman arsip, label, dan pencarian.

Karena langkah berikut udah tidak lagi bekerja, maka alternatifnya bisa dengan memasang tag meta robot segera di didalam template.

Caranya bagaimana, Mas?

Langsung saja salin kode di bawah ini :

Letakan kode berikut tepat di bawah kode di di dalam template.

Langkah selanjutnya, sahabat juga harus mengapus perintah Disallow: /search pada file robots.txt.

Karena terkecuali perintah Disallow: /search tidak dihapus, robot Google tidak sanggup membaca perintah berasal dari tag meta robot yang telah dipasang sebelumnya.

Untuk langkah menghapusnya silahkan masuk ke dashboard blogger > setelan > Crawler dan pengindeksan > Aktifkan fitur robots.txt kustom.

Klik pada robots.txt kostum, sesudah itu masukkan kode ini:

User-agent: Mediapartners-Google

Disallow:

User-agent: *

Allow: /

Sitemap: https://linkmagz.sugeng.id/sitemap.xml

Note: ganti linkmagz.sugeng.id bersama alamat blog sobat.

Jangan lupa klik “Simpan”

Jika sudah melaksanakan perubahan, jangan lupa klik tombol “Validasi Perbaikan” di dashboard Search Console. Setelah itu tunggu hingga notifikasi “Diindeks meski diblokir oleh robots.txt” hilang.

Beberapa pesan notifikasi lain

Selain notifikasi “Diindeks meski diblokir oleh robots.txt”, hampir dipastikan di Google Search Console termasuk nampak notifikasi-notifikasi lainnya.

Notifikasi lain tak sekedar “Diindeks meski diblokir oleh robots.txt” kebanyakan bukan bersifat sebagai peringatan. Artinya meskipun dibiarkan saja tidak begitu masalah. Malah justru lebih baik dibiarkan saja.

Berikut adalah lebih dari satu notifikasi yang paling umum:

Anomali crawling

Notifikasi ini keluar umumnya dikarenakan ada URL tulisan yang awalannya sudah terindex di mesin pencari namun telah dihapus di blog.

Cara mengatasinya bagaimana, Mas?

Bisa dibiarkan saja atau jikalau kawan akrab risih kawan baik bisa mengalihkan URL postingan yang error ke tulisan lain bersama dengan pakai fitur pengalihan spesifik di blogger.

Cara mengfungsikan fitur pengalihan khusus bisa dibaca di sini : Cara SEO Blogger.

Di-crawl – waktu ini tidak diindeks

Notifikasi ini keluar kebanyakan dikarenakan tersedia URL RSS feed yang tidak ditampilkan di hasil pencarian.

Cara mengatasinya bagaimana, Mas?

Cek daftar URL yang meraih notifikasi ini. Jika sebagain besar adalah URL RSS feed maka lumayan biarkan saja.

URL RSS feed contohnya seperti ini:

https://viomagz.sugeng.id/feeds/posts/default

https://viomagz.sugeng.id/feeds/273523674801878748/comments/default

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat

Notifikasi ini terlihat dikarenakan terdapatnya URL versi mobile bersama dengan parameter ?m=1 di belakang URL.

Ketika sahabat mengakses blog melalui perangkat mobile, di belakang URL akan otomatis tersedia tambahan paremeter ?m=1.

Di blogger otomatis beri tambahan tag canonical (kanonis) pada halaman/postingan bersama parameter ?m=1.

Tag kanonis ini terhadap intinya memberi jelas mesin pencari bahwa URL bersama dengan tambahan ?m=1 dan yang tidak tersedia tambahannya adalah satu halaman/postingan yang sama, agar tidak membuat duplicate content.

Cara mengatasinya bagaimana, Mas?

Ini normal, lumayan biarkan saja.

Dan notifikasi lainnya

Masih banyak notifikasi-notifikasi lainnya yang muncul di Google Search Console. Namun notifkasi tersebut sebagian besar sifatnya bukan peringatan.

Selama notifikasinya bukan sebuah peringatan atau warning, maka teman baik tidak wajib terlalu khawatir. Cukup dibiarkan saja apa adanya.

Mungkin hanya hingga di sini saja tulisan saya kali ini.

Jika tersedia pertanyaan silakan disampikan lewat komentar.

Terima kasih.

When you loved this short article and you wish to receive much more information relating to pabrik botol pot please visit our own web-page.

Categories: general

%d bloggers like this: